Cara Setting Mikrotik Mematikan dan Menghidupkan Internet / Hotspot Secara Otomatis di jam-jam tertentu


Berawal dari lihat sikecil yang suka main handphone tanpa kenal waktu. sampai sampai lupa waktu makan, waktu sholat dll. akhirnya ada ide untuk mematikan internet (hotspot) secara otomatis. biar tidak repot. Oke disini saya kan membagikan Cara Setting Mikrotik Mematikan dan Menghidupkan Internet / Hotspot Secara Otomatis di jam-jam tertentu.

Simak caranya dengan detail.

 Pengertian

Mikrotik Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Latar Belakang

Karena pada suatu jaringan apalagi di area hotspot jelas terbuka selama 24 jam jika tidak ada yang mematikannya . hal ini akan merepotkan admin jaringan yang harus selalu datang ke tempat mikrotik untuk mematikan akses internet secara manual .

Maksud dan Tujuan

untuk mempermudah seorang admin jaringan biasanya membuat rule atau aturan di mikrotik agar pada jam tertentu sampai jam tertentu akan mematikan akses internet dan akan menyalakan lagi secara otomatis
 
Alat dan Bahan:

  • Router board Mikrotik rb750GL ( saya menggunakan ini)
  • Komputer atau laptop untuk remote via winbox. ( atau bisa menggunakan Android Mikrotik Apps)
  • Secangkir teh manis

Langkah Penyetingan:


  • Pastikan Komputer sudah terhubung dengan mikrotik.
  • Buka dan login mikrotik via Winbox. Jika belum punya, download klik disini.
  • Klik System lalu SNTP CLIENT . Lalu Enable kan SNTP Client untuk mensinkronkan jam pada laptop dengan jam yang ada pada mikrotik .
  • Isikan pada Primary NTP Server : 0.id.pool.ntp.org dan pada Secondary NTP Server : 1.id.pool.ntp.org sesuai pada gambar di bawah ini. lalu klik OK.
  • Kemudian kita cek apakah jam mikrotik sudah sama dengan jam laptop atau belum. Caranya Klik menu System lalu pilih Clock. jika sudah sama lanjut ke step berikutnya.
  •  

  • Lalu klik menu IP ----> Firewall klik icon tambah warna biru dan kita akan buat rule baru di firewall seperti ini
  •   chain = forward
  •   out interface = pilih interface mana yang akan di putus internetnya ( dalam contoh ini saya pilih interface dengan nama 2-Hotspot karena ini yang menjadi interface hostpot di mikrotik saya)
  • Pada bagian tab action pilih drop
  •  Dan dibagian tab extra, atur atau setting waktu dimana rule itu akan hidup dan mati yang artinya jika rule itu hidup maka internet akan mati dan jika rule itu mati maka internet akan hidup , hal ini karena kita membuat rule dengan metode drop .
  •  Dan lihat. dibawah ini tampilan jika rule belum aktif maka akan berubah warna menjadi merah kita tunggu waktu untuk drop internetnya maka rule akan berubah warna menjadi hitam yang menandakan rule sedang aktif.

Untuk mengeceknya kita tinggal tunggu waktu untuk internet mati , dan liat jika rule berganti warna hitam maka settingan berhasil.

Kesimpulan

Sebenarnya ada metode satu lagi yaitu dengan script dan scheduler tetapi , jika di scheduler rule bisa hidup tetapi tidak bisa mati secara otomatis . Dengan memakai settingan ini bertujuan untuk memudahkan Admin agar tidak usah mematikan dan menghidupkan internet secara manual.


Selamat mencoba.

2 Komentar



Ada yang perlu Anda tanyakan?Link error,kritik dan saran..?Silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Lebih baru Lebih lama