Mengatasi komputer / laptop yang gak bisa masuk windows sebelum tekan enter

Pengalaman memang guru yang sangat berharga sekali. untuk itu sebagian permasalahan laptop saya sengaja saya jadikan artikel. semoga ada manfaat buat para pembaca semua. Artikel berawal dari dapat titipan laptop Acer 4352 punya seorang teman dan di mintain ngejualin. karna dia bilang ada komisi makanya sy terima saja. ( mata duitan banget :) )

       Jadi laptop acer 4352 waktu di pegang teman emang sudah error. ketika tekan tombol power. gak langsung masuk windows. layarnya hitam. ada notifikasi. klik for start windows 7 normally
dan dibagian bawah. press ESC to cancel. ketika tekan enter, bisa masuk sampai logo windows doang dan cuma nyampe situ.

     Saya pikir. Pasti minta inul (bukan inul drastitaa bro :)) alias minta instal ulang.  langsung saya siapin DVD installer windows 7 ultymate. instal seperti biasa sampai selesai.
Apa maslah sudah cukup..???
Ternyata enggak.
laptop tetap trouble dengan kendala yang sama.

   Saya fikir, mungkin installer windowsnya yang corrupt. akhirnya saya instal ulang lagi.
dan ternyata hasilnya nihil.. :( apes gan. maslah tetep sama.
bahkan sampai saya instal ulang 4 kali. hampir saya banting ni laptop. :D

Searching du google, ketemu katanya ram perlu di lepas, dibersihin socketnya dengan kuas, harddisk juga perlu di lakukan hal yang sama. tapi kondisi laptop masih segel. jadi saya gak berani. apalgi ini milik teman. Akhirnya sy coba cek hardisknya makai hd tune. ternyata kondisi sangat normal. gak ada yg badsectore. test memory juga masih bagus. bingung setengah mati gan.

dibawah ini hasil scan dengan hd tune
 

       Setelah cek keyboard dengan keyboard tester portable akhirnya baru nemu, ternyata ada satu tombol yg gak jalan. yaitu tombol DELED. Saya berfikir " biasanya kalau ada keyboard yg gak jalan pasti ada suara tutt tuutt waktu start up. lha ini gak ada suara" .

Capture aplikasi keyboard tester.
 
akhirnya sy coba lepas keyboard acer 4352nya. Coba hidupin laptop tanpa keyboard.

Hasilnya..???
Alhamdulillah, fix. windows bisa berjalan dengan sangat lancar. dan pokok permaslahannya ketahuan yaitu satu keyboard yg mati. Di saat artikel ini saya tulis, keyboard masih dalam status di copot. dan masih di pesan ke toko di jakarta. lumayan murah. cuma 109.rb. kalau di toko sekitar sini sekitar 200-300.ribuan.

Intinya, gak usah panik. kalau ada masalah seperti diatas, coba test hardisknya, memory, keyboard dll dengan software, jangan buru buru buka segel apalgi banting laptop :D. Saya merekomendasikan memakai HBCD. kenapa..?? karna dalam satu file installer ini, kita bisa menggunakan puluhan software diantaranya hdtune, crystall disk dan software software yang lainnya. bagi yang mau softwarenya, bisa memesan dvd  HBCD/ hiren boot CD ke admin atau  download gratis dengan klik http://www.hirensbootcd.org / download/
Untuk aplikasi keyboard tester portable klik disini

Semoga bermanfaat.








6 Komentar



Ada yang perlu Anda tanyakan?Link error,kritik dan saran..?Silahkan sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

1. Klik select profile -->> pilih Name/URL.
2. Isi nama Anda dan isi URL dengan alamat Facebook Anda/ kosongkan saja.
3. Klik Lanjutkan.
4. Ketik komentar anda dan klik PUBLISH.
5. Bagi yang belum bisa berkomentar dengan HTML,silahkan klik disini.
6. Komentar yang kurang sopan,Spam/SARA otomatis akan kami hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Lebih baru Lebih lama